Pengaruh penyetelan katup pada engine 4k 4 silinder 1300cc tipe OHV terhadap emisi gas buang

Penulis

  • Ahmad Rizal Fauzi

Abstrak

Semakin meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor dapat meningkatkan dampak buruk bagi lingkungan salah satunya adalah pencemaran udara berupa kandungan gas beracun dari sisa pembakaran yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan berupa CO, CO2, HC, O2, C, H2O dan N2. Unsur CO dan HC sangat berpengaruh bagi kesehatan karena unsur CO dan HC dari hasil pembakaran bersifat racun bagi tubuh manusia. Pada engine 4k 4silinder 1300cc tipe OHV sering terjadi masalah pada setelan katup yang menghasilkan emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan. Maka dari itu, perlu adanya penyetelan katup yang menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.Pengambilan data penelitian ini dihasilkan dari variasi celah katup ex 0,30mm, 0,25mm, 0,20mm dan katup in 0,15mm,0,20mm,0,25mm, katup ex 0,25mm katup in 0,15mm, 0,20mm, 0,25mm dan katup ex 0,20mm katup in 0,15mm, 0,20mm, 0,25mm pada putaran mesin rpm 1000, rpm 1500, rpm 2000, rpm 2500 rpm 3000, dan rpm 3500. Kemudian penelitan ini hanya menggunakan bahan bakar pertalite dan mengukur emisi gas buang CO, CO2, HC dan O2. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada engine stand 4k 4 silinder 1300cc tipe OHV dengan variasi penyetelan katup In 0,15mm dan katup Ex 0,30mm adalah variasi penyetelan katup yang menghasilkan emisi gas buang yang paling ramah terhadap lingkungan.

Unduhan

Diterbitkan

02-01-2023

Terbitan

Bagian

Articles